Wow! Umbul Besuki Klaten Super Bening & Sejuk, Cek HTM

Hey Bro dan Sis Sidowayah! Lagi cari tempat liburan yang keren dan adem di Klaten? Umbul Besuki Klaten tuh tempatnya! Air di sini bening banget dan suasananya bikin betah seharian.

Lokasinya di Polanharjo, Klaten. Umbul ini adalah salah satu dari banyak mata air yang ada di Klaten. Tempat ini pas banget buat liburan keluarga yang bawa anak-anak, karena fasilitasnya lengkap dan letaknya gak jauh dari pusat Kota Klaten, Jawa Tengah.

Di Umbul Besuki, kamu bisa ngelakuin banyak aktivitas seru bareng keluarga. Mulai dari berenang, piknik, sampai hunting foto di area mata airnya.

Udah gak sabar pengen ke sini? Yuk, cek dulu informasi lengkap tentang Umbul Besuki di artikel ini, dari harga tiket terbaru sampai rekomendasi aktivitas seru yang bisa kamu coba.

Galeri Foto Umbul Besuki

Yuk, lihat koleksi foto dari Umbul Mata Air Alami Besuki Klaten di bawah ini:

Profil Umbul Besuki Klaten: Kilas Sejarah dan Daya Tariknya

Daya Tarik

Umbul Besuki ini ada di Desa Kiringan, Polanharjo, Klaten, dan lokasinya cuma sekitar 500 meter dari Umbul Ponggok. Jadi, kalau lagi di sini, bisa sekalian mampir ke Umbul Ponggok dan wisata Soko Alas Ponggok. Paket lengkap, kan?

Di Polanharjo sendiri ada beberapa umbul lainnya yang nggak kalah keren. Ada Umbul Manten sama Umbul Siblarak yang letaknya di Desa Sidowayah. Suasana di sekitar umbul-umbul ini bener-bener asri, dikelilingi pepohonan, sawah, sungai, dan bukit yang bikin hati adem.

Tempat ini jadi favorit warga Klaten buat kabur sejenak dari hiruk pikuk kota. Di Umbul Besuki, ada tiga kolam utama yang wajib dicoba. Kolam besar buat dewasa dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, tiga kolam anak-anak, dan bahkan kolam terapi ikan buat yang pengen relaksasi.

Yang bikin tambah seru, kolam utama di sini berupa kolam alami dengan ukuran sekitar 500 meter persegi. Di bagian bawahnya ada kolam renang modern buat anak-anak.

Di tebing timur, ada dua kolam berbentuk oval yang modern banget, dan di sisi barat, ada satu kolam anak di tengah hutan pohon jati dan mahoni. Pepohonan yang rimbun bikin suasana makin adem dan terik matahari nggak sampai ke dasar kolam.

Selain berenang, kamu juga bisa hunting foto underwater di sini karena airnya yang jernih banget. Pemandangan di sekitar kolam juga cakep banget buat foto-foto, ada gazebo, bangku taman, dan area tepi sungai yang bisa kamu manfaatkan buat background foto yang keren.

Buat yang suka camping, di sini juga tersedia area pendopo untuk pertemuan, outbound, dan camping. Jadi, selain berenang, kamu bisa banget camping bareng temen-temen sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Sejarah Pembangunan Umbul Besuki

Buat yang kepo sama sejarah Umbul Besuki, ini nih ceritanya. Umbul ini baru dibuka buat umum tiga tahun lalu, dulunya masih alami banget dengan tanggul dari batu.

Dari info yang didapet dari laman Pemkab Klaten, renovasi umbul ini mulai akhir 2018 dan baru dikembangin jadi tempat wisata pada 2019. Sejak itu, umbul ini makin terkenal dan viral.

Umbul Besuki ini dibagi jadi beberapa bagian. Bagian utamanya ada di paling atas dengan kolam alami seluas 500 meter persegi.1

Di bagian jurang, disulap jadi kolam renang modern buat anak-anak. Sementara di tebing bagian timur, ada dua kolam modern berbentuk oval yang dikelilingi hutan pohon jati.

Sejarahnya, umbul tertua di Klaten ini dulu cuma berupa mata air kecil di sisi utara yang dikelilingi hutan dan jurang aliran sungai. Setelah delapan bulan pengembangan, kedalaman air kolam umbul udah mencapai 1,5 meter.

Mata air ini udah dikenal sejak lama dan dulu sering dipake buat mandi para pembesar Belanda, seperti yang dilansir dari Detik.com.2

Salah satunya bernama Robert, makanya umbul ini sempat mau dinamain Umbul Robert, tapi akhirnya dinamain Umbul Besuki yang diambil dari kata “Basuki” yang berarti “Sejahtera” dalam bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Ayo Kunjungi! Umbul Cokro Klaten, Air Jernih dan Wahana Seru

Rute dan Alamat Umbul Besuki

Pingin tahu cara gampang menuju umbul yang lagi nge-hits banget ini? Menurut info dari situs visitjawatengah.jatengprov.go.id, Umbul Besuki berlokasi di Kiringan, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.3

Jaraknya deket banget, cuma sekitar 500 meter dari Umbul Ponggok, jadi kalo lagi ada di sekitar situ, jangan lupa mampir.

Buat yang berangkat dari kota Klaten, perjalanan cuma sekitar 20 kilometer ke arah utara. Kalo lewat jalan Jogja-Solo, jaraknya sekitar 5 kilometer ke barat daya.

Dari kota Kecamatan Delanggu, bisa lewat jalan Delanggu-Ponggok. Begitu sampai di Kantor Desa Ponggok, ambil kanan dan sampe deh ke lokasi tujuan.

Biar lebih gampang, kamu bisa cek Google Maps supaya nggak nyasar di jalan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Umbul Besuki

Paket wisata dan harga tiket masuk Umbul Besuki
(Paket wisata dan harga tiket masuk/Sumber: Jadesta Kemenparekraf)

Buat kamu yang udah nggak sabar mau jalan-jalan ke sini, Umbul Besuki buka setiap hari dari jam 08.00 pagi sampai 17.00 sore WIB.

Kalau pengen ngerasain udara seger dan adem, mendingan datang pagi atau sore hari deh. Biasanya di waktu itu belum banyak orang, jadi kamu bisa lebih santai menikmati segarnya air dan pemandangannya yang kece.

Masuk ke Umbul Besuki murah banget, cuma Rp10.000 aja, guys. Tapi ingat ya, itu belum termasuk biaya parkir. Nih, rincian lengkapnya:

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000
Penyewaan BanRp5.000 – Rp10.000
(Rincian harga tiket masuk)

Dengan harga yang murah meriah ini, kamu udah bisa menikmati berbagai fasilitas seru dan aktivitas menyenangkan. Jadi, nggak ada alasan buat nggak mampir ke sini, kan?

Oiya Sahabat Sidowayah, harga tiket masuk tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Info selengkapnya bisa kamu cek di Instagram @umbul_besuki_official atau hubungi kontak WhatsApp +62 812-8766-6460 (DESI).

BACA JUGA: Gak Nyangka! Desa Wisata Sidowarno Klaten Punya 7 Fakta Unik yang Bikin Kagum

Rekomendasi 5 Aktivitas Seru di Umbul Besuki

Nah, buat kamu yang lagi cari aktivitas seru di Umbul Besuki, ada nih beberapa rekomendasi yang bisa bikin liburanmu makin asik. Langsung aja, cekidot!

1. Nyebur di Kolam Air Jernih

Mau nyegerin badan? Yuk nyebur di kolam alami Umbul Besuki. Airnya bener-bener bening dan dingin, langsung dari mata air pegunungan. Dari jauh aja kelihatan hijau tosca, keren banget!

Kamu bisa berenang atau sekadar berendam sambil menikmati air yang katanya baik buat kecantikan dan kesehatan kulit. Ada tiga kolam utama di sini: satu buat dewasa, dua buat anak-anak, plus satu kolam terapi ikan yang nggak bau amis sama sekali. Seru abis, kan?

2. Chill di Pinggir Kolam

Butuh waktu santai? Duduk aja di pinggir kolam sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Ada jalan setapak yang cakep banget buat jalan-jalan santai.

Kalau pengen duduk-duduk, ada bangku dan payung ala kafe yang bikin suasana makin nyaman. Mau yang lebih luas? Sewa aja gazebo yang ada di sana.

3. Wisata Bareng Keluarga dan Teman-teman

Mau datang rame-rame bareng keluarga atau teman-teman? Umbul Besuki tempatnya! Sambil jaga anak-anak berenang, kamu bisa nikmatin udara sejuk sambil nyicipin kuliner khas yang murah meriah.

Kalau pengen ngadain acara, bisa sewa Joglo Sasono Rinenggo yang ada di atas area. Suasananya adem dan asri, cocok banget buat bikin acara lebih seru.

4. Camping dan Outbound Asyik

Buat kamu yang doyan camping atau outbound, Umbul Besuki pilihan tepat. Ada area luas dan fasilitas lengkap buat camping atau outbound.

Naik dikit ke bukit deket kolam, ada campsite nyaman buat dirikan tenda dan bermalam. Pemandangan sawah dan aliran sungai kecil bikin suasana makin nyegerin.

5. Cobain Flying Fox dan ATV

Suka tantangan? Cobain deh flying fox dan ATV di sekitar Umbul Besuki. Seru banget apalagi kalau rame-rame sama teman-teman.

Menurut Sukirno, koordinator lapangan, jumlah pengunjung terus naik, bisa sampai 300-400 orang di hari biasa, 800 orang di hari Sabtu, dan lebih dari 1.000 orang di hari Minggu. Jadi, pastikan datang lebih awal biar nggak kehabisan spot!

Fasilitas di Umbul Besuki

Nggak cuma aktivitas seru, umbul yang semapat mau dinamai Umbul Robert ini juga punya fasilitas yang lengkap buat kenyamanan kamu selama berkunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Camping ground: Buat kamu yang suka camping, area ini nyaman banget buat mendirikan tenda.
  • Wedding area: Tempat ini juga bisa jadi pilihan buat kamu yang pengen melangsungkan pernikahan dengan suasana alam yang asri.
  • Tempat makan: Nggak perlu khawatir kalau lapar setelah bermain air, ada beberapa warung yang menyediakan aneka makanan lezat.
  • Persewaan alat: Buat kamu yang butuh alat-alat tertentu, di sini ada penyewaan alat-alat yang kamu butuhkan.
  • Musala: Fasilitas ibadah juga tersedia di sini.
  • Toilet: Tersedia toilet yang bersih dan nyaman.
  • Area foto: Banyak spot foto keren yang bisa kamu manfaatkan buat mengabadikan momen liburanmu.
  • Wifi area: Buat kamu yang nggak bisa lepas dari internet, tersedia juga area wifi.

BACA JUGA: 7 Alasan Wajib Kunjungi Bukit Cinta Watu Prahu, Wisata Hits Klaten yang Bikin Baper!

Kesimpulan

Sahabat Sidowayah, Umbul Besuki di Klaten adalah pilihan tepat buat kamu yang pengen refreshing dengan suasana alam yang asri dan air yang super bening.

Dengan harga tiket yang terjangkau dan fasilitas lengkap, tempat ini cocok buat liburan keluarga atau solo trip. Jangan lupa masukkan umbul di Klaten ini dalam daftar destinasi wisatamu tahun ini. Selamat berlibur!***

FAQs

Apa saja fasilitas yang tersedia di Umbul Besuki Klaten?

Di Umbul Besuki, tersedia berbagai fasilitas seperti kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, kolam terapi ikan, area camping, tempat makan, musala, toilet bersih, gazebo, dan spot foto yang keren.

Berapa harga tiket masuk ke Umbul Besuki Klaten?

Harga tiket masuk ke Umbul Besuki adalah Rp10.000 per orang. Biaya parkir motor Rp2.000 dan parkir mobil Rp5.000. Ada juga penyewaan ban dengan harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000.

Apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan di Umbul Besuki Klaten?

Di Umbul Besuki, kamu bisa berenang di kolam alami, bersantai di pinggir kolam, camping, outbound, mencoba flying fox, dan menikmati pemandangan alam yang asri.

Bagaimana cara menuju ke Umbul Besuki Klaten?

Umbul Besuki terletak di Kiringan, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Dari kota Klaten, jaraknya sekitar 20 kilometer ke arah utara. Jika dari jalan Jogja-Solo, jaraknya sekitar 5 kilometer ke barat daya. Cek Google Maps untuk petunjuk lebih detail.

Sumber referensi:

  1. https://klatenkab.go.id/umbul-besuki-polanharjo-menikmati-sensasi-mandi-alam-di-nuansa-pedesaan/ ↩︎
  2. https://travel.detik.com/domestic-destination/d-7120489/kisah-umbul-besuki-yang-cantik-di-klaten-sempat-mau-dinamai-umbul-robert ↩︎
  3. https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/regency/kabupaten-klaten/destinasi-wisata/umbul-besuki ↩︎
5/5 - (4 votes)
Bagikan artikel ini:
Redaksi
Redaksi

Pegiat wisata di Desa Wisata Sidowayah. Aktif sebagai seorang yang penuh semangat dengan informasi wisata di Klaten dan sekitarnya.

Articles: 18

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *