Terbaru! Cek 6 Tempat Wisata di Klaten Selain Umbul

Bro dan Sis, lagi nyari tempat wisata di Klaten selain umbul? Tenang aja, Klaten gak cuma terkenal sama wisata umbulnya kok.

Kota yang posisinya strategis antara Yogyakarta dan Solo ini ternyata punya banyak destinasi keren lainnya. Mulai dari petualangan arung jeram yang bikin jantung berdebar, sampai taman lampion yang Instagramable banget, semuanya ada di sini.

Klaten emang terkenal sama keindahan alamnya kayak Umbul Cokro dan Umbul Manten. Tapi, Klaten juga kaya akan warisan budaya. Dari kebun bunga yang cantik sampai hutan kota yang asri, setiap sudut kota ini pasti ngasih pengalaman yang seru banget.

Banyak banget pilihannya, yuk kita jelajahi enam destinasi wisata di Klaten selain umbul Besuki yang bisa jadi tujuan liburan kamu selanjutnya!

Tempat Wisata di Klaten Selain Umbul 

Tujuh destinasi wisata ini bisa jadi tempat tujuanmu selama berada di Klaten Jawa Tengah.

1. Riverboarding Kali Pusur

Kali Pusur, tempat ini emang terkenal banget buat kamu yang doyan adrenalin, bro. Arusnya yang deras dan medannya yang mantap banget bikin sungai ini jadi destinasi favorit buat riverboarding.

Kamu bakal nikmatin serunya ngarungin jeram dan ombak pakai papan riverboarding yang khusus buat itu. Cara mainnya gampang, kamu tinggal tiduran di papan terus kendaliin pakai tangan dan kaki. Gampang banget, kan?

Menurut info dari Kompas.com, yang bikin seru dari riverboarding di Kali Pusur itu variasi jeram dan arusnya.1 Kamu bakal nemuin mulai dari arus yang kalem sampai jeram yang bikin jantung mau copot. Jadi, baik buat yang baru coba-coba atau yang udah pro, semuanya bisa nikmatin tantangan yang ditawarin di sini.

Jangan takut, karena bakal ada pemandu berpengalaman yang siap jagain kamu dan pastiin semua perlengkapan udah siap. Riverboarding di Kali Pusur nggak cuma soal ngelawan arus deras aja, tapi juga kesempatan buat lebih deket sama alam dan ngerasain tenangnya sungai ini. Mantap banget, kan?

  • Alamat: Jalan Cokro – Delanggu, Wangen III, Wangen, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Sabtu-Minggu, 08.00-17.00 WIB
  • HTM: Rp 45.000

BACA JUGA: Ayo Kunjungi! Umbul Cokro Klaten, Air Jernih dan Wahana Seru

2. Ekowisata Kali Talang

Bro, kalau kamu lagi nyari tempat wisata keren dekat Klaten kota, Ekowisata Kali Tawang ini kudu banget masuk dalam list kamu.

Di sini, kamu bisa lihat panorama Gunung Merapi dari jarak yang super dekat. Nggak perlu capek-capek mendaki lama, cukup jalan kaki 5 menitan, udah bisa nikmatin puncak Merapi yang megah.

Asyiknya lagi, di Ekowisata Kali Tawang ini ada banyak spot foto kece yang Instagramable banget. Ada gardu pandang, jembatan bambu, dan camping ground di ketinggian 1.160 meter di atas permukaan laut. Cocok banget buat kamu yang suka nge-eksis di medsos!

Buat yang hobi gowes, ada trek sepeda yang menantang di area Kali Tawang. Seru abis deh buat eksplorasi. Biar bisa nikmatin udara seger dan pemandangan indah Gunung Merapi, mending datang pagi-pagi deh. Buat info lebih lanjut, langsung cek Instagram mereka ya!

  • Alamat: Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp 3.000

3. Taman Lampion Klaten

Menurut info dari Badan Otoria Borobudur, Taman Lampion Klaten adalah spot wisata yang wajib banget kamu kunjungi karena punya pengalaman keren dengan cahaya yang luar biasa.2

Di sini, kamu bakal lihat banyak instalasi lampion yang cantik dan memukau. Setiap lampion dirancang dengan gaya unik dan keren, bikin suasana malam jadi magis.

Pemandangan taman yang dihiasi dengan lampu warna-warni bakal kasih kamu pengalaman yang nggak terlupakan. Tempat wisata yang nggak jauh dari pusat Kota Klaten ini juga sering ngadain berbagai acara dan festival seru yang sayang banget buat dilewatin.

Festival lampion di taman ini jadi momen yang paling ditunggu-tunggu sama para wisatawan. Kamu juga bisa nikmatin pertunjukan seni, parade lampion, dan banyak kegiatan seru lainnya selama festival lampion berlangsung.

  • Alamat: Gg. Tidar, Barenglor, Bareng Lor, Kec. Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 04.30-21.00 WIB
  • HTM: gratis

4. Kebun Kamboja

Kebun Kamboja Klaten itu spot wajib buat lo yang cinta banget sama alam dan bunga. Begitu masuk, lo bakal disambut sama pohon-pohon kamboja tinggi menjulang dan bunga-bunga cantik yang warna-warni.

Jalanan yang tertata rapi dan kebun yang terawat bikin suasana jadi adem dan bikin mata puas.3 Menurut alodiatour, di sini lo bisa jalan-jalan keliling kebun sambil nikmatin udara segar dan suasana alam yang sejuk.

Ada juga spot buat santai dan piknik, jadi lo bisa habisin waktu bareng keluarga atau teman-teman sambil nikmatin pemandangan yang cakep.

Selain itu, Kebun Kamboja Klaten juga hits banget buat yang suka foto-foto. Bunga kamboja yang cantik dengan lanskap yang keren banget bakal jadi background yang pas buat foto-foto lo.

  • Alamat: Desa Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp 3.000

BACA JUGA: Cek Wisata Soko Alas Ponggok Klaten: Wahana, Menu, HTM

5. Tirtonirmolo Water Park Galuh

Water Park Tirtonirmolo Galuh jadi tempat wisata asik buat kalian yang lagi nyari hiburan deket Klaten. Di sini, kalian bisa seru-seruan bareng keluarga atau temen-temen, menikmati berbagai wahana air yang keren dan pastinya seru abis.

Di Water Park Tirtonirmolo Galuh, fasilitasnya lengkap banget dan cocok buat semua usia. Salah satu yang jadi favorit adalah kolam renangnya yang luas banget. Airnya jernih, bikin suasana renang jadi nyaman dan segar.

Nggak cuma kolam renang, di sini juga ada perosotan air yang tinggi banget. Dijamin seru dan bikin nagih, apalagi pas kalian meluncur dari atas, basah-basahan kena air segar. Buat yang suka tantangan, ada juga arung jeram mini yang siap bikin adrenalin kalian naik.

Jadi, kalau kalian lagi di Klaten dan butuh tempat buat refreshing, langsung aja datang ke Water Park Tirtonirmolo Galuh. Seru, asik, dan pastinya bikin hari kalian lebih berwarna!

  • Alamat: Jalan Klaten-Jatinom Nomor 7, Dusun I, Gedaren, Kec. Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 07.00-17.00 WIB
  • HTM: Senin-Sabtu Rp15 ribu dan Minggu Rp20 ribu

6. Candramaya Klaten

Candramaya Pool and Resort bakal bikin liburan kamu makin asik. Berlokasi di Jalan Dalangan, Kajen, Dalangan, Kecamatan Tulung, tempat ini punya kolam renang, penginapan, dan resto yang bakal manjain kamu.

Di sini ada dua jenis kolam renang: kolam renang umum dan kolam renang pribadi. Buat kamu yang pengen berenang dengan lebih privasi, private pool-nya cocok banget.

Kamu bisa sewa kolam ini dengan harga Rp 200.000 pas weekdays dan Rp 250.000 pas weekend. Sementara untuk kolam renang umum, tiket masuknya cuma Rp 10.000 pas weekdays dan Rp 15.000 pas weekend.

Nggak cuma kolam renang, resort ini juga punya resto dengan menu yang ramah di kantong. Pas banget buat kamu yang pengen berenang sambil nikmatin makanan enak.

Candramaya Pool and Resort buka setiap hari dari jam 07.00 WIB sampai 18.00 WIB. Buat info lebih lanjut, cek aja Instagram mereka di @candramaya.klaten.

BACA JUGA: Bikin Seger! Umbul Siblarak: Kolam Renang Asri di Sidowayah

Kesimpulan

Dari bermain air di Kali Pusur hingga menikmati pemandangan Merapi di Kali Talang, Klaten menawarkan berbagai pengalaman wisata menarik. Setiap destinasi memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. 

Ternyata bukan cuman Umbul Manten, Umbul Cokro, dan sederet umbul lainnya yang dimiliki Klaten. Jadi, Sahabat Sidowayah, tempat wisata di Klaten selain umbul mana yang akan kamu kunjungi kali ini? Jangan lupa, kunjungi juga ragam wisata di Desa Sidowayah, Klaten ya!***

FAQs

Apa kegiatan seru yang bisa dilakukan di Kali Pusur Klaten?

Di Kali Pusur Klaten, kamu bisa mencoba riverboarding yang menantang dengan arus deras dan medan yang menantang, serta menikmati pemandangan sungai yang tenang.

Apa yang membuat Ekowisata Kali Talang menarik untuk dikunjungi?

Ekowisata Kali Talang menawarkan panorama Gunung Merapi dari jarak dekat, spot foto Instagramable, gardu pandang, jembatan bambu, dan camping ground di ketinggian 1.160 meter.

Apa saja fasilitas yang tersedia di Tirtonirmolo Water Park Galuh?

Di Tirtonirmolo Water Park Galuh, terdapat kolam renang luas, perosotan air tinggi, arung jeram mini, dan berbagai wahana air yang cocok untuk semua usia.

Apa daya tarik utama dari Taman Lampion Klaten?

Taman Lampion Klaten terkenal dengan instalasi lampion yang cantik dan memukau, suasana malam yang magis, serta sering mengadakan festival lampion dan pertunjukan seni.

Sumber referensi:

  1. https://travel.kompas.com/read/2014/05/08/1413254/Sensasi.Wisata.Baru.Riverboarding.di.Klaten ↩︎
  2. https://bob.kemenparekraf.go.id/307673-taman-lampion-klaten/ ↩︎
  3. https://alodiatour.com/kebun-kamboja-klaten/ ↩︎
5/5 - (6 votes)
Bagikan artikel ini:
Redaksi
Redaksi

Pegiat wisata di Desa Wisata Sidowayah. Aktif sebagai seorang yang penuh semangat dengan informasi wisata di Klaten dan sekitarnya.

Articles: 18

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *