10 Tempat Wisata di Boyolali Lagi Hits Terbaru 2024, Instagramable Anti Mainstream!

Cek 10 tempat wisata di Boyolali yang lagi hits terbaru. Cocok untuk liburan 2024! Anti mainstream, pastinya bikin feed Instagram makin keren!

Halo Sahabat Sidowayah! Penasaran sama tempat-tempat wisata di Boyolali yang lagi hits dan instagramable buat tahun 2024? Yuk, cek artikel ini biar nggak ketinggalan informasi wisata keren!

Boyolali nggak cuma terkenal dengan susu segarnya, tapi juga punya segudang destinasi wisata yang anti mainstream. Bayangin deh, dari panorama alam yang memukau sampai spot-spot foto instagramable yang bikin feed Instagram kamu makin kece, semua ada di Boyolali!

Nah, kali ini kita bakal bahas 11 tempat wisata di Boyolali yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi. Jadi, siap-siap catat ya! Let’s go!

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Boyolali Lagi Hits Terbaru

1. Wisata Alam Panorama Waterpark Boyolali

Wisata Alam Panorama Waterpark Boyolali
(Wisata Alam Panorama Waterpark Boyolali/Sumber foto:Maps/Ninda Pallu)

Buat kamu yang suka main air, Wisata Alam Panorama Waterpark Boyolali adalah destinasi wajib. Tempat ini baru buka sejak Lebaran 2023 dan langsung jadi favorit banyak orang.

Bayangin aja, tempat yang dulunya kumuh dan tak terawat, sekarang jadi surga wisata air. Lokasinya ada di Nepen, Kec. Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Waterpark ini buka dari jam 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Pada akhir pekan, pengunjung bisa mencapai 1.500 orang per hari! Di sini, kamu bisa menikmati kolam renang dewasa dan anak-anak, air terjun mini, dan area outbound.

Umbul Sungsang, sumber mata air besar, mengalirkan air ke lembah dan kolam renang, menjadikannya tempat yang segar dan menyenangkan.

Tiket masuknya murah banget, cuma Rp 10.000 per orang. Selain itu, ada wahana berbayar seperti river tubing dan naik kuda poni, masing-masing Rp 10.000. Jadi, siap-siap bawa keluarga atau teman-teman kamu buat seru-seruan di sini!

InformasiDetail
Harga TiketRp 10.000 per orang
Jam Buka08.00 WIB – 17.00 WIB
AlamatNepen, Kec. Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
(Tabel Informasi Wisata Alam Panorama Waterpark Boyolali)

2. Kebun Raya Indrokilo

Nah, kalau kamu pengen suasana yang lebih tenang dan hijau, Kebun Raya Indrokilo bisa jadi pilihan. Kebun raya ini punya banyak spot menarik, mulai dari taman tematik dengan berbagai jenis tanaman, patung Sosro Birowo, sampai air terjun mini ala Niagara.1

Salah satu ikon yang paling terkenal adalah Gerbang Pasingsingan yang megah. Gerbang ini terinspirasi dari monumen di Taipei dan jadi spot foto favorit.

Lokasinya di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Tempat ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 5 menit dari pusat pemerintahan Boyolali. Jalan menuju kebun raya ini juga sudah sangat baik dan tertata rapi.

Kebun Raya Indrokilo buka dari Selasa sampai Minggu, jam 08.00 – 16.00 WIB, dan tutup setiap Senin. Tiket masuknya super terjangkau, hanya Rp 5.500 saja. Jadi, cocok buat kamu yang pengen menikmati suasana asri tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

InformasiDetail
Harga TiketRp 5.500 per orang
Jam BukaSelasa-Minggu: 08.00 WIB – 16.00 WIB
AlamatKelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
(Tabel Informasi Kebun Raya Indrokilo)

BACA JUGA: Kolam Renang Jogja Terbaik: 7 Rekomendasi Ini Bikin Ketagihan!

4. Bukit Gancik Selo

Suka petualangan di ketinggian? Bukit Gancik Selo adalah tempat yang nggak boleh kamu lewatkan. Terletak di ketinggian 1.900 mdpl di lereng Gunung Merbabu, bukit ini menawarkan pemandangan alam Desa Selo yang masih asri dan indahnya Gunung Merapi.2

Bukit Gancik Selo terkenal dengan gardu pandangnya yang terbuat dari bambu. Dari sini, kamu bisa merasakan sensasi berada di atas awan, menikmati udara segar yang berkabut, dan pastinya, spot foto dengan latar pemandangan menakjubkan.

Bagi yang suka petualangan, ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu coba, seperti jalur pendakian Merbabu, sepeda gantung, dan camping ground. Selain itu, ada fasilitas deck view untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan.

Tiket masuknya sangat terjangkau, cuma Rp 6.000. Kalau kamu bawa kendaraan, biaya parkirnya Rp 3.000 – Rp 5.000. Tempat ini buka 24 jam setiap hari, jadi kamu bisa datang kapan saja.

InformasiDetail
Harga TiketRp 6.000 per orang
Jam Buka24 jam setiap hari
AlamatSelo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
(Informasi Bukit Gancik Selo)

4. Waduk Cengklik Park

Waduk Cengklik Park, destinasi yang tepat buat kamu yang suka main air dan wahana seru. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai wahana menarik, berenang di kolam yang luas, dan menikmati panorama alam yang indah. Salah satu wahana favorit adalah monorail, di mana kamu bisa melihat pemandangan dari ketinggian.

Pintu masuknya didesain mirip bangunan di Jepang, lengkap dengan pohon Sakura yang cantik. Ada juga spot foto dengan latar mini istana, patung hewan, dan dinosaurus yang pasti instagramable. WCP buka setiap hari dari jam 08.00 – 18.00 WIB, termasuk saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Tempat ini juga menawarkan paket hemat tiket terusan untuk 1 anak dan 1 pendamping seharga Rp 125.000, yang sudah termasuk akses ke semua wahana. Anak-anak bisa bermain dan belajar di berbagai wahana edukatif, menjelajahi taman dinosaurus, dan berfoto di spot-spot keren.

InformasiDetail
Harga TiketRp 125.000 per paket (1 anak + 1 pendamping)
Jam Buka08.00 WIB – 18.00 WIB
AlamatKecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
(Informasi Waduk Cengklik Park)

5. Bale Rantjah Park

Sahabat Sidowayah, kalau kamu pengen liburan wisata Boyolali seperti Bali tapi nggak mau jauh-jauh, Bale Rantjah Park di Boyolali adalah pilihan yang pas.

Terletak di Desa Gombang, Sawit, Boyolali, tepat di depan Bank BRI Gombang, tempat ini menawarkan kolam renang yang mirip pantai lengkap dengan pasir putih buatan dan pohon kelapa. Tempat ini juga punya taman-taman yang tertata rapi, kolam renang anak-anak, dan kolam dengan kedalaman hingga 3 meter.

Selain itu, ada wahana salju buatan yang bikin kolam makin seru, plus berbagai wahana permainan seperti papan seluncur, perahu, dan ember tumpah. Restoran di Bale Rantjah Park juga menyajikan masakan khas Jawa dan Bali. Seperti Nila Bakar Madu, Cumi Asam Manis, dan Nila Goreng Taliwang. Kamu bisa bersantai di pinggir kolam atau gazebo sambil menikmati makanan lezat.

Tiket masuknya mulai dari Rp 20.000 per orang untuk weekday dan Rp 25.000 per orang untuk weekend. Tempat ini buka setiap hari dari jam 08.00 – 18.00 WIB. Jadi, jangan lupa ajak teman atau keluarga buat seru-seruan di sini!

InformasiDetail
Harga TiketRp 20.000 (weekday), Rp 25.000 (weekend)
Jam Buka08.00 WIB – 18.00 WIB
AlamatDesa Gombang, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah
(Informasi Bale Rantjah Park)

6. Cepogo Cheese Park Boyolali

Sahabat Sidowayah, kalau kamu suka wisata edukasi dengan suasana yang tenang, Cepogo Cheese Park Boyolali adalah tempat yang tepat buat dikunjungi.

Terletak di lereng Gunung Merapi dan Merbabu, tempat ini dibangun di lahan seluas 7 hektar dan bisa menampung hingga 500 pengunjung. Lokasinya di Dusun II, Genting, Kec. Cepogo, Boyolali.

Cepogo Cheese Park menawarkan berbagai wahana edukasi yang menarik. Kamu bisa coba All Terrain Vehicle (ATV), fun archery, dan berfoto dengan hewan-hewan seperti reptil dan burung parrot.

Ada juga aktivitas naik kuda yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Aktivitas memberi makan Domba Garut juga nggak kalah seru. Setelah puas bermain, kamu bisa isi perut di Snack Bar atau Resto & Cafe Cepogo Cheese Park yang menyajikan berbagai menu lezat.

Harga tiket masuknya Rp 20.000. Untuk menikmati wahana dan atraksi di dalamnya, kamu perlu membayar tiket tambahan. Misalnya, tiket untuk memberi makan satwa mulai dari Rp 10.000 dan ATV ride mulai dari Rp 20.000.

Kamu bisa beli tiket secara online di website resmi Dairyland. Untuk reservasi dan informasi lainnya, dapat hubungi di nomor ini: Ratna +62 812-3187-7454.

InformasiDetail
Harga TiketRp 20.000 per orang
Jam Buka08.00 WIB – 18.00 WIB
AlamatDusun II, Genting, Kec. Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah
(Tabel Informasi Cepogo Cheese Park Boyolali)

7. Embung Manajar

Berlokasi di Dusun Samiran, Boyolali, waduk buatan Embung Manajar ini menyuguhkan panorama indah Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Waduk ini berfungsi menampung air hujan untuk keperluan pertanian dan memiliki luas sekitar 1602 m² dengan volume air 5.592 m³.

Embung Manajar dibuka selama 24 jam penuh setiap harinya. Akses ke tempat ini cukup menantang, karena kamu harus mendaki sekitar satu kilometer.

Namun, semua usaha itu terbayar dengan pemandangan yang bisa kamu nikmati di sini. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari, saat matahari mulai terbenam dan langit berubah warna.

Tiket masuknya sangat terjangkau, cuma Rp 5.000 per orang. Buat kamu yang suka camping, biaya per malamnya Rp 15.000. Jangan lupa bawa peralatan camping sendiri ya!

InformasiDetail
Harga TiketRp 5.000 per orang
Jam Buka24 jam setiap hari
AlamatDusun Samiran, Boyolali, Jawa Tengah
(Informasi Embung Manajar)

8. New Selo Boyolali

Selanjutnya ada New Selo Boyolali, tempat wisata di Boyolali yang wajib dikunjungi. Terletak di Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali, tempat ini menawarkan spot foto keren dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. View-nya, dijamin bakal bikin feed Instagram kamu makin hits!

New Selo buka setiap hari dari jam 08.00 sampai 17.00 WIB. Tiket masuknya ramah di kantong, cuma Rp 10.000 per orang.

Kalau bawa kendaraan, biaya parkirnya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pastikan kamu datang saat cuaca cerah supaya bisa menikmati pemandangan gunung yang spektakuler.

Selain itu, ada banyak warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar lokasi. Kamu bisa nongkrong sambil ngopi atau makan gorengan panas di tengah udara sejuk khas pegunungan. Jalannya memang agak menanjak dan berliku, jadi pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima.

InformasiDetail
Harga TiketRp 10.000 per orang
Jam Buka08.00 WIB – 17.00 WIB
AlamatSamiran, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah
(Informasi New Selo Boyolali)

9. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu di Boyolali adalah destinasi yang pas banget buat me time atau bersantai bareng keluarga. Terletak sekitar 21 kilometer dari Kota Boyolali, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menenangkan dan berbagai fasilitas menarik.

Di sini, kamu bisa menemukan banyak saung yang berjarak cukup jauh satu sama lain, cocok untuk kamu yang ingin menikmati ketenangan. Tempat ini juga punya mini zoo, taman bermain, resto, aula, mushola, dan toilet.

Akses ke tempat ini cukup mudah meskipun jalannya berkelok-kelok, jadi pastikan kamu punya driver yang handal.

Lembah Gunung Madu buka setiap hari dari jam 09.00 – 17.00 WIB dengan tiket masuk hanya Rp 7.000 per orang. Biaya parkirnya Rp 4.000. Anak-anak pasti senang melihat berbagai hewan di mini zoo yang ada di sini.

Sementara kamu bisa menikmati hidangan lezat seperti nasi goreng, mie ayam bakso, bakmi godhog, dan pisang goreng Thailand di resto.

InformasiDetail
Harga TiketRp 7.000 per orang
Jam Buka09.00 WIB – 17.00 WIB
AlamatDesa Simo, Boyolali, Jawa Tengah
(Tabel Informasi Lembah Gunung Madu:)

10. Taman Merapi Garden Selo

Mau lihat pemandangan bunga-bunga indah dengan latar Gunung Merapi,?Taman Merapi Garden Selo jawabannya. Taman ini cocok buat kamu yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam. Lokasinya di Dukuh Jarakan, Desa Samiran, Selo, Boyolali.3

Taman bunga ini punya banyak spot foto yang instagramable, gazebo untuk bersantai, dan kafe yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Tempat parkirnya luas, bisa untuk kendaraan roda empat baik kecil maupun besar.

Pemandangan dari Taman Merapi Garden sangat indah, terutama saat cuaca cerah. Suasananya tenang dan asri, cocok buat kamu yang ingin kabur sejenak dari hiruk-pikuk kota.

Tempat ini buka setiap hari, dengan jam operasional mulai dari 10.00 – 20.00 WIB pada hari biasa, dan 08.00 – 20.00 WIB saat akhir pekan.

InformasiDetail
Harga TiketRp 5.000 per orang
Jam BukaSenin-Jumat: 10.00 WIB – 20.00 WIB; Sabtu-Minggu: 08.00 WIB – 20.00 WIB
AlamatDukuh Jarakan, Desa Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah
(Tabel Informasi Taman Merapi Garden Selo)

Penutup

Nah, Sahabat Sidowayah, itulah 11 tempat wisata di Boyolali hits terbaru yang bisa kamu kunjungi di tahun 2024. Mulai dari wisata alam hingga spot foto instagramable, semuanya ada di Boyolali.

Jadi, jangan lupa masukkan destinasi ini ke dalam daftar liburan kamu, ya! Selamat berlibur ke deretan tempat wisata di Boyolali, jangan lupa share pengalaman kamu di media sosial biar makin hits!***

FAQs

Apa saja tempat wisata di Boyolali yang lagi hits di tahun 2024?

Di Boyolali, ada banyak tempat wisata hits seperti Wisata Alam Panorama Waterpark, Kebun Raya Indrokilo, Bukit Gancik Selo, Waduk Cengklik Park, dan Cepogo Cheese Park.

Berapa harga tiket masuk Wisata Alam Panorama Waterpark Boyolali?

Harga tiket masuk Wisata Alam Panorama Waterpark Boyolali hanya Rp10.000 per orang, dengan tambahan biaya untuk beberapa wahana seperti river tubing dan naik kuda poni.

Apa yang menarik dari Kebun Raya Indrokilo?

Kebun Raya Indrokilo menawarkan suasana tenang dengan berbagai spot menarik seperti taman tematik, patung Sosro Birowo, air terjun mini, dan Gerbang Pasingsingan yang megah. Tiket masuknya hanya Rp5.500 per orang.

SUMBER REFERENSI:

  1. boyolali.go.id ↩︎
  2. https://bob.kemenparekraf.go.id/307611-bukit-gancik-selo-boyolali/ ↩︎
  3. https://ejournal.uby.ac.id/index.php/ekobis/article/download/934/325 ↩︎
5/5 - (6 votes)
Bagikan artikel ini:
Redaksi
Redaksi

Pegiat wisata di Desa Wisata Sidowayah. Aktif sebagai seorang yang penuh semangat dengan informasi wisata di Klaten dan sekitarnya.

Articles: 18

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *