Viral! Janti Park Klaten, Ini Daftar Menu & HTM Terbaru 2024

Nikmati serunya berwisata ke Janti Park Klaten dengan harga tiket murah, wahana seru, menu lezat, dan tips bermanfaat untuk liburan maksimal!

Sidowayah Tau gak sih, Janti Park Klaten emang bener-bener tempat yang wajib dikunjungin! Dengan tiket masuk murah meriah dan berbagai wahana seru, gak heran kalau tempat ini jadi primadona.

Kamu bakal nemuin banyak spot keren di sini. Ditambah lagi, suasana hijau dan banyak gazebo bikin kamu betah nongkrong lama-lama sembari kulineran.

Di artikel ini, kita bakal kupas tuntas soal Janti Park mulai dari harga tiket, wahana seru, menu makanan, sampai tips biar liburan kamu makin asyik.

Jadi, buat yang penasaran dan pengen tau lebih banyak, stay tuned terus artikel ini! Dijamin banyak info seru yang bisa bikin liburan kamu makin seru abis.

Objek Wisata Janti Park Klaten: Sebuah Pengantar 

Bro-bro Sidowayah, kalo ngomongin spot wisata yang lagi hits dan kids-friendly, Janti Park Klaten udah gak ada lawan deh! Desainnya tuh modern banget.

Kesan pertama yang bakal kamu dapet pas masuk sini adalah parkirannya yang luas dan gak terlalu padat. Lokasi yang luas dan banyak gazebo bikin tempat ini nyaman buat duduk-duduk santai.

Buat kamu yang doyan hunting foto estetik, spot-spot di sini gak bakal ngecewain. Beneran pas banget buat liburan bareng keluarga atau bestiemu.

Tiket masuknya juga murah abis, cuma Rp8.000 doang kamu udah bisa nikmatin semua kolam renang. Buat kamu yang bawa bocah-bocah, ini tempat emang pilihan terbaik.

Santai aja soal makanan, kamu bisa bawa dari luar. Tapi kalo males repot, di sini juga banyak warung dengan harga yang masih terjangkau.

Kolam renangnya ada banyak jenis, tapi lebih banyak cocok buat anak-anak. Buat dewasa, ada satu kolam kedalamannya 150 cm, seru buat berenang santai.

Satu tips penting nih, bro Sidowayah, kamu gak perlu booking tempat tapi kudu gercep cari spot yang asik. Di sini ada sewa tikar, jadi kamu gak usah repot bawa dari rumah.

Kolam renangnya bersih walaupun rame, dan ada salju buatan yang bikin anak-anak makin betah main air.

Luasnya tempat ini bikin seru buat main air sekeluarga. Total areanya mencapai tujuh hektar dengan air segar dari mata air alami, setiap kolam punya mata air sendiri-sendiri.

Uniknya, setiap kolam dilengkapi peniup gelembung yang bikin suasana mirip dengan salju.

Overall, tempat ini benar-benar rekomendasi buat kamu yang pengen liburan tanpa ribet. Kedai makanannya juga buka sekitar jam 08.00 pagi, jadi kamu bisa sarapan dulu sebelum main air seharian.

BACA JUGA: 7 Alasan Wajib Kunjungi Bukit Cinta Watu Prahu, Wisata Hits Klaten yang Bikin Baper!

Rekomendasi Wahana Favorit di Janti Park 

Kalau ngomongin Janti Park Klaten, wahana di sini bikin kamu betah main seharian deh! Gak cuma ada satu dua kolam renang biasa, tapi banyak banget wahana seru bikin liburan makin asik. Yuk, kita bahas satu-satu!

1. Wahana Air Seru Abis

Wisata ini dikelola langsung sama desa lewat BUMDES, jadi fasilitasnya lengkap banget. Mulai dari kolam anak, kolam dewasa, kolam busa, sampe aliran sungai yang cocok buat semua umur.

Airnya seger banget, langsung dari mata air alami, tanpa bau kaporit, khas Klaten yang terkenal dengan seribu umbulnya.

2. Janti Warrior: Tantangan Seru ala Ninja Warrior

Buat kamu yang doyan tantangan, wajib banget coba Janti Warrior. Disini kamu bisa ngerasain serunya rintangan ala ninja warrior.

Cuma bayar Rp10.000, udah bisa main sepuasnya. Jangan lupa bawa kamera, banyak spot foto keren disini.

3. Kolam Terapi Ikan dan Kolam Anak Lucu

Kalau pengen rileks, coba deh kolam terapi ikan. Sensasi digigit-gigit ikan kecil bikin kaki kamu jadi fresh. Buat anak-anak, ada kolam khusus yang aman dan penuh permainan seru.

Mulai dari kolam arus yang melingkar panjang sampe kolam selutut dengan gelembung-gelembung sabun, dijamin anak-anak happy banget.

4. Kolam Busa dan Patung Dinosaurus

Yang gak kalah seru adalah kolam busa. Setiap beberapa menit, ada semprotan busa yang bikin suasana makin meriah. Plus, ada patung dinosaurus yang jadi favorit buat foto-foto. Anak-anak pasti suka deh!

5. Kolam Dewasa Kedalaman 2 Meter

Buat yang suka berenang serius, ada kolam dewasa dengan kedalaman 2 meter. Airnya jernih dan seger, bikin betah berlama-lama di dalam air.

Gak cuma itu, masih ada rencana pembangunan kolam ombak di pojok area yang pastinya bakal makin menambah keseruan.

6. Outbound dan Area Bermain Anak

Selain berenang, di sini juga ada arena outbound yang seru buat dicoba. Banyak permainan yang bisa diikuti bareng teman atau keluarga.

Udara segar dan banyak tanaman hijau bikin suasana makin asri dan nyaman. Gimana, sob? Seru banget kan? Langsung aja ajak teman-teman atau keluarga main kesini.

Fasilitas Lengkap Bikin Nyaman

Di sini, fasilitasnya lengkap banget. Ada mushola deket area renang, jadi gak perlu khawatir kalau mau sholat. Tempat bilas dan kamar mandi juga banyak, jadi gak perlu antre lama.

Buat yang pengen duduk santai, banyak gazebo yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Bahkan, kamu boleh bawa makanan dari luar, tapi kalau malas repot, di sini juga banyak warung dengan harga yang masih worth it.

Tiket Masuk Janti Park Klaten 

Dilansir dari Instagram @jantipark.klaten, pas weekdays, tiket masuk cuma Rp5.000 aja, murah banget kan? Nah, kalau weekend atau hari libur, harganya naik dikit jadi Rp8.000.1

Buat anak-anak di bawah dua tahun, masuknya gratis lho. Selain itu, biaya parkir motor cuma Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Jadi, kamu gak perlu khawatir soal biaya parkir yang mahal.

Di sini juga ada wahana seru kayak Janti Warrior yang bisa kamu coba dengan biaya tambahan Rp10.000 aja, dan kamu bisa main sepuasnya.

Kalau kamu butuh tempat buat duduk santai, bisa sewa gazebo atau tikar masing-masing Rp10.000. Buat yang mau main air, sewa ban cuma Rp5.000 aja.

Biar lebih jelas, yuk intip cek daftar harga lengkapnya di tabel berikut ini:

ItemHarga
Tiket Masuk (Weekdays)Rp5.000
Tiket Masuk (Weekend)Rp8.000
HTM Anak di Bawah 2 TahunGratis
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000
Janti WarriorRp10.000
Penyewaan GazeboRp10.000
Sewa TikarRp10.000
Sewa Ban PelampungRp5.000
Terapi IkanGratis
(Daftar HTM JPK 2024)

Daftar Harga Menu Janti Park 

Bicara soal urusan perut, Janti Park Klaten juga gak kalah kece! Tempat ini menyediakan berbagai pilihan makanan. Jadi, mau piknik bareng keluarga atau teman-teman, tinggal gelar tikar aja!

Di sini, sistem pemesanan makanannya gampang banget. Kamu tinggal datang ke counter, pesan makanan, bayar, dan nanti makanan bakal diantar ke tempat kamu duduk.

Buat kamu yang suka Pop Mie, bisa langsung bawa sendiri setelah bayar. Rasanya dijamin mantap, terutama ayam goreng atau bakarnya yang porsinya gede banget.

Selain itu, ada juga gorengan yang selalu fresh karena baru diangkat dari penggorengan. Pilihan jajanan di sini gak kalah banyak, ada Pop Mie, ayam tepung ala KFC, es krim, dan permen kapas.

Harganya gak beda jauh sama di luar, jadi tetap terjangkau. Misalnya, gorengan kayak mendoan dan bakwan cuma Rp10.000 dapat 7 potong.

Minuman segar seperti es teh, es jeruk, dan es lemon tea harganya Rp5.000-an aja. Buat makanan berat, ada nasi soto seharga Rp8.000, nasi pecel Rp10.000, dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa daftar harga menu makanan selengkapnya:

ItemHarga
Gorengan (mendoan + bakwan, 7 pcs)Rp10.000
Es teh, es jeruk, es lemon teaRp5.000
Es nutrisariRp5.000
Air mineralRp4.000
Pop MieRp8.000
Tempe mendoan anget (7 pcs)Rp10.000
Nasi sotoRp8.000
Nasi pecelRp10.000
Nasi pecel telur dadarRp14.000
Nasi pecel telur asinRp15.000
Nasi pecel leleRp20.000
Nasi pecel ayamRp20.000
Teh panasRp5.000
Es tehRp5.000
(Daftar Harga Menu Janti Park)

Rute Lokasi Janti Park 

Sobat Sidowayah, kalau pengen main ke Janti Park Klaten, tenang aja! Akses ke sini gampang banget kok. Lokasinya ada di Ngendo RT 14, RW 7, Janti, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.2

Lokasinya tidak jauh dari objek wisata lain di Polanharjo. Seperti Umbul Manten, Umbul Cokro, Umbul Siblarak, hingga Wahana Soko Alas Ponggok.

Dari Alun-Alun Klaten, kamu bisa sampai ke lokasi tujuan dalam waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh 16,4 km. Rute tercepat yang bisa kamu lewati adalah lewat Jl. Karanganom.

Gini nih caranya:

  1. Start dari Alun-Alun Klaten: Mulai perjalananmu dari Alun-Alun Klaten di daerah Losmenan, Klaten Tengah.
    • Arahkan kendaraan ke tenggara sejauh 73 meter.
    • Belok kanan sejauh 48 meter.
    • Lanjut belok kiri di Jl. Alun-Alun Timur sejauh 97 meter.
    • Belok kanan menuju Jl. Rajawali sejauh 120 meter.
    • Lalu, belok kiri ke Jl. Rajawali sejauh 1 km.
  2. Lanjut ke Jl. Klaten – Karanganom: Dari sini, ikuti jalan utama menuju Jl. Pemuda/Jl. Raya Solo – Yogyakarta.
    • Belok kanan ke Jl. Pemuda/Jl. Raya Solo – Yogyakarta sejauh 1,2 km.
    • Belok kiri ke Jl. Sersan Sadikin sejauh 1,1 km.
    • Teruskan ke Jl. Karanganom sejauh 1 km.
    • Teruskan lagi ke Jl. Klaten – Karanganom sejauh 2,8 km.
    • Teruskan ke Jl. Raya Karanganom sejauh 550 meter.
    • Belok kiri setelah Puskesmas Karanganom sejauh 130 meter.
    • Belok kanan ke Jl. Karanganom sejauh 4,3 km.
    • Lanjut ke Jl. Delanggu-Polanharjo sejauh 2 km.
    • Belok kiri ke Jl. Cokro – Tulung sejauh 1,1 km.
    • Belok kanan ke Jl. Tegalgondo – Janti sejauh 45 meter.
  3. Menuju ke Lokasi Tujuan: Di tahap akhir perjalanan, kamu akan hampir sampai.
    • Belok sedikit ke kiri sejauh 650 meter.
    • Belok kiri sejauh 31 meter.
    • Belok kanan sejauh 160 meter.
    • Belok kanan lagi sejauh 54 meter.
    • Belok kiri, dan kamu sudah sampai di tujuan, ada di sebelah kanan.

Janti Park Klaten benar-benar worth it buat dikunjungi. Gak cuma rute yang gampang diikuti, tapi perjalananmu juga bakal seru dengan pemandangan khas daerah Klaten.

Tips Wisata Rombongan ke Janti Park 

Berencana liburan ke sini bareng temen-temen? Nah, biar liburanmu makin asik dan nyaman, ada beberapa tips yang wajib kamu tau. Cekidot, bro!

  1. Jangan Datang Pas Hari Libur dan Weekend
    Kalau bisa, jauhin deh hari libur atau weekend. Di hari-hari itu pasti rame banget, jadi mending pilih hari biasa aja biar bisa lebih leluasa tanpa desak-desakan.
  2. Datang Pagi-Pagi Banget
    Datang pagi sekitar jam 8 itu mantul banget. Pagi-pagi tempat masih sepi, kolamnya bersih, dan kamu bisa dapet parkir yang strategis. Jadi bisa nyantai dan nikmatin suasana pagi yang adem.
  3. Jaga Kebersihan, Bro!
    Meskipun tempat sampah banyak, sayangnya masih ada aja yang buang sampah sembarangan. Yuk, kita jaga kebersihan dengan buang sampah pada tempatnya. Biar tetep asik dan nyaman buat semua orang.
  4. Awasi Anak-Anak
    Tempat ini emang aman buat anak-anak, tapi tetep harus diawasin ya. Soalnya ada beberapa area yang gak ada pagarnya, jadi harus ekstra waspada, apalagi kalau tempat lagi rame.
  5. Bawa Baju Ganti dan Tikar
    Bawa baju ganti buat kamu dan anak-anak biar gak kedinginan habis main air. Sewa atau bawa tikar sendiri dari rumah biar bisa duduk santai di gazebo atau area lainnya.
  6. Siapkan Uang Tunai
    Banyak fasilitas yang perlu pembayaran tunai kayak sewa tikar, ban, dan beberapa wahana. Jadi, pastiin kamu bawa uang tunai yang cukup biar gak ribet nyari ATM.
  7. Parkir yang Cermat
    Parkir di sini cukup luas, tapi kalau udah penuh, coba parkir di sebelah masjid deket situ. Jalan dikit udah nyampe kok. Hindari parkir di tempat yang panas biar kendaraanmu gak kepanasan.
  8. Reservasi Tempat Saung
    Kalau bawa keluarga besar atau rombongan, sebaiknya reservasi tempat saung dulu sebelum datang. Hubungi kontak ini: https://wa.me/6281215007979 Biar kamu gak kehabisan tempat dan bisa duduk santai tanpa repot cari-cari tempat kosong.

Selamat berlibur, guys! Semoga tips ini bikin liburan kalian makin seru!

BACA JUGA: [Update] HTM Waduk Cengklik Park Boyolali

Penutup 

Kesimpulannya, Janti Park tuh tempat wisata paling keren dan lengkap buat dikunjungi, bro! Tiket masuknya murah banget, wahana di dalamnya seru abis, dan fasilitasnya juga oke punya.

Pantesan aja tempat ini jadi idola banyak orang. Jadi, ngapain nunggu lama? Yuk, ajak keluarga sama teman-teman buat liburan bareng ke Janti Park Klaten sekarang juga!***

FAQs

Berapa harga tiket masuk Janti Park?

Harga tiket masuknya Rp5.000 di hari biasa dan Rp8.000 di akhir pekan dan hari libur nasional.

Apa saja wahana yang ada di sana?

Ada banyak wahana seperti Janti Warrior, kolam busa, aliran sungai, terapi ikan, dan berbagai kolam renang untuk anak dan dewasa.

Apakah bisa membawa makanan dari luar?

Bisa, kamu diperbolehkan membawa makanan dari luar.

Apa tips terbaik untuk berwisata ke Janti Park?

Usahakan datang pagi-pagi, bawa tikar atau sewa di lokasi, bawa baju ganti, dan selalu jaga kebersihan.

Sumber referensi:

  1. Instagram @jantipark.klaten (https://www.instagram.com/jantipark.klaten/) ↩︎
  2. Google Maps (https://maps.app.goo.gl/c6k7ZEHRJzbJnmVX6) ↩︎
5/5 - (2 votes)
Bagikan artikel ini:
Redaksi
Redaksi

Pegiat wisata di Desa Wisata Sidowayah. Aktif sebagai seorang yang penuh semangat dengan informasi wisata di Klaten dan sekitarnya.

Articles: 18

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *