Basah-basahan di Balong Waterpark Jogja, Seru Adrenalin Terpacu!

Coba sensasi seru di Balong Waterpark Jogja! Basah-basahan di empat kolam renang, pacu adrenalin di wahana asyik.

Sidowayah – Pernah nggak, sih, lo ngerasa weekend cuma gitu-gitu aja? Nah, coba deh ke Balong Waterpark di Jogja! Ini tempat pas banget buat lo yang pengen sensasi seru yang beda dari sekadar berenang di kolam biasa. Beneran, deh, lo nggak bakal nyesel!

Di sini, lo bisa seru-seruan dengan banyak wahana yang bikin hari-harimu nggak ngebosenin. Mau meluncur dari tempat tinggi, berenang di kolam dengan view sawah hijau, atau cuma nyantai sambil nikmatin angin sepoi-sepoi? Semua ada, lengkap!

Buat kamu yang lagi hunting tempat nongkrong seru dan beda di Yogyakarta, waterpark ini wajib banget masuk wishlist kamu. Yuk, siap-siap basah-basahan dan gas adrenalinmu di sini!

Sekilas Profil Balong Waterpark Jogja 

air tumpah di balong waterpark
(air tumpah di kolam renang balong/sumber: youtube)

Lokasinya di Jalan Pleret, Banguntapan, tempat ini emang belum seterkenal Waterboom Jogja (Jogja Bay) atau Galaxy Waterpark. Tapi justru itu yang bikin tempat ini spesial.

Di sini pengunjungnya nggak seramai di waterpark yang lebih hits. Jadi, kamu bisa menikmati main air tanpa harus antri lama dan tetap dapet keseruan yang sama.

Ditambah lagi, lokasinya yang agak jauh dari pusat kota bikin suasana jadi lebih asri dan tenang. Kamu bisa ngerasain hembusan angin sepoi-sepoi dari sawah sekitar, bikin pengalaman berenang jadi makin seru dan adem.

Ternyata, nama “Balong” itu diambil dari nama desanya sendiri, tempat taman wisata air ini berdiri. Meskipun letaknya di desa, nggak usah khawatir soal akses ke sana. Jalannya mulus, walaupun bukan jalan utama, jadi tetap gampang dicapai. 

Pernah denger tentang Bantulpedia? Nah, di sini tempatnya kamu bisa nemuin banyak wahana keren, salah satunya Water Coaster. Bayangin aja, kamu bisa ngeluncur dari ketinggian 9 meter dengan kecepatan sampai 60 km/jam! Asli, seru banget!1

Ada juga wahana Water Slide setinggi 12 meter untuk menguji adrenalinmu. Wah, terdengar sangat seru bukan? 

BACA JUGA: Cek Wisata Soko Alas Ponggok Klaten: Wahana, Menu, HTM 2024

Daya Tarik Balong Waterpark: Ada 4 Jenis Kolam Renang 

Oke, bro dan sis! Yuk, kita intip keseruan yang ada di Balong Waterpark! Di sini ada empat tipe kolam renang yang bakal bikin momen main air kamu makin gokil. Cekidot infonya berikut ini:

1. Kolam Renang Buat Balita 

Pas pertama kali masuk, langsung deh mata tertuju ke kolam renang buat balita. Kolam ini emang khusus didesain buat anak-anak kecil yang belum jago berenang. Tinggi airnya nggak lebih dari 50 cm, jadi aman banget dan bikin kamu tenang karena anak-anak nggak bakal tenggelam. 

Kolam renang ini nggak cuma buat berenang aja, banyak wahana serunya juga! Ada perosotan lurus, perosotan melingkar, dan tangga warna-warni yang bikin tambah asyik.

Yang paling keren? Ada ember tumpah raksasa di atas tangga warna-warni itu. Kapan aja bisa tiba-tiba tumpah dan membasahi anak-anak yang lagi di bawah. Dijamin deh, anak-anak bakal betah main di sini terus!

2. Kolam Renang Ukuran Sedang 

Di antara kolam balita dan kolam ukuran sedang, ada taman mini yang bikin area jadi adem dan sejuk. Kolam renang yang satu ini didesain buat remaja atau anak-anak yang udah lebih besar, tapi nggak terlalu cocok buat orang dewasa yang udah jago berenang.

Ketinggian airnya cuma sebatas pinggang orang dewasa, tapi jangan remehkan! Kolam ini jadi pusat atraksi waterpark dengan tiga perosotan raksasa warna-warni.

Ada satu perosotan berkelok dengan ketinggian yang bikin ngeri-ngeri seru. Dua lainnya berdampingan dengan jalur lurus yang kecuramannya bakal bikin adrenalin kamu naik. Seru abis!

3. Kolam Renang Mini 

Buat kamu yang punya anak kecil dan lagi belajar berenang pakai pelampung, kolam kecil ini pas banget buat mereka. Kolam ini kayak dikelilingi selokan gede dan ada hujan buatan yang keluar dari pipa-pipa di atasnya, seru deh!

Airnya cuma setinggi pinggang orang dewasa, jadi emang nggak cocok buat berenang beneran. Kolam ini emang didesain khusus buat anak-anak yang suka ngapung pakai ban pelampung sambil nonton orang-orang meluncur dari perosotan raksasa.

4. Kolam Renang Buat Orang Dewasa 

Paling ujung ada kolam renang yang emang khusus buat orang dewasa. Kolam ini cocok banget buat lo yang udah jago berenang, karena kedalamannya tuh beda-beda. Jadi, lo bisa berenang sambil seru-seruan tanpa khawatir kependekan atau ke daleman.

Mau berenang di tempat yang aman dan nyaman? Coba deh nyemplung di bagian pinggir kolam ini. Di sini kamu bisa berenang santai tanpa khawatir kedalaman.

Nggak ada wahana seru sih, tapi buat yang suka renang santai, kolam ini asyik banget! Pokoknya cocok buat kamu yang pengen relaks dan menikmati air segar.

Fasilitas di Balong Waterpark 

Kolam renang Balong punya fasilitas keren dan komplit buat kamu dan keluarga biar makin nyaman. Buat umum, ada parkiran luas yang bisa muat mobil dan motor, tempat sampah di mana-mana, mushola, WiFi, sama toilet.

Nah, buat fasilitas pendukungnya, ada kafe yang nyediain berbagai makanan enak buat kamu yang laper setelah asyik berenang dan main air.

Ada juga ruang bilas yang nyaman dan terpisah buat cowok dan cewek, jadi kamu bisa bersih-bersih dengan tenang setelah puas main di semua wahana seru yang ada.

Harga Tiket Masuk (HTM) Balong Waterpark 

Masalah harga tiket masuk (HTM) ini sih nggak bikin kantong bolong, bro! Harga tiket buat dewasa sama anak-anak juga nggak ada bedanya, seru kan?

Menurut info dari website resminya, cuma perlu bayar Rp20.000 aja buat weekdays, dan Rp25.000 pas weekend atau hari libur. Tapi, jangan lupa siapkan cash lebih ya buat jajan di kafe dan biaya parkir.2

RetribusiTarif
HTM Senin-SabtuRp20.000
HTM Libur dan tanggal merah Rp25.000
Parkir motor Rp2.000
Parkir mobilRp5.000
(Tabel rincian harga tiket masuk Balong Waterpark Bantul)

Ingat ya guys, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Silakan cek update terkini di laman resmi atau media sosial resminya.

Jam Operasional Waterpark Balong 

Untuk jam operasional, kolam renang Balong ini selalu buka setiap hari. Dari Senin sampai Sabtu, waterpark ini mulai beroperasi dari jam 10.00 pagi sampai jam 6.00 sore.

Kalau hari Minggu dan libur nasional, mereka buka lebih awal lagi, mulai jam 8.00 pagi sampai jam 6.00 sore

Hari Jam Buka
Senin-Sabtu10.00 WIB – 18.00 WIB
Minggu dan hari libur08.00 WIB – 18.00 WIB
(Jam Buka)

Alamat dan Rute Menuju Kolam Air Balong 

Wahana Balong Waterpark
(Wahana Kolam Air Balong/Sumber: YouTube)

Wisata ini terletak di Jalan Pleret KM 1,5, Potorono, Banguntapan, Bantul. Kalau kamu dari pusat kota Jogja, kira-kira butuh waktu sekitar 30 menit buat sampai di sini.

Rute yang bisa kamu ikuti:

  1. Dari Titik Nol Yogyakarta, ambil arah timur di Jl. Panembahan Senopati menuju Jl. Jend. Ahmad Yani/Jl. Margo Mulya/Jl. Margo Mulyo/Jl. Pangurakan (500 m).
  2. Belok kanan setelah Hotel Limaran 1 (di sebelah kiri), lanjut ke Jl. Brigjen Katamso (1,2 km).
  3. Belok kiri ke Jl. Kolonel Sugiyono (850 m).
  4. Teruskan ke Jl. Ki Ageng Pemanahan di Giwangan (3,4 km).
  5. Belok kanan setelah Printshop (di sebelah kanan) dan teruskan di Sugara Milk ke Jl. Ki Ageng Pemanahan. Lewati Toko 99 (2,4 km).
  6. Ambil Jl. Imogiri Tim./Yogyakarta – Barongan ke Jl. Monumen Perjuangan di Banguntapan (900 m).
  7. Belok kiri ke Jl. Monumen Perjuangan (2,2 km).
  8. Belok kiri ke Jl. Pleret (500 m).
  9. Mengemudi sedikit lagi selama 24 detik (85 m), dan kamu akan sampai di tujuan.

Untuk mempermudah perjalanan, cek peta di Google Maps ya!

BACA JUGA: 13 Umbul di Klaten: Lebih Bagus dari Waterpark, Air Jernih Seger!

Kesimpulan

Wahana Air Balong Jogja adalah destinasi seru buat kamu yang ingin basah-basahan dengan sensasi adrenalin terpacu. Dengan empat jenis kolam renang, wahana seru, dan fasilitas lengkap, waterpark Bantul ini siap bikin weekend kamu nggak monoton lagi.

Jadi, Sahabat Sidowayah, tunggu apa lagi? Ayo segera rencanakan kunjunganmu ke Balong Waterpark dan rasakan keseruannya sendiri!***

FAQs

Apa saja wahana yang ada di Balong?

Memiliki berbagai wahana seru seperti Water Coaster dengan ketinggian 9 meter dan kecepatan hingga 60 km/jam, serta Water Slide setinggi 12 meter yang menguji adrenalinmu.

Berapa harga tiket masuk ke Kolam Air Balong?

Tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp20.000 untuk weekdays dan Rp25.000 untuk weekend atau hari libur. Parkir motor dikenakan biaya Rp2.000 dan parkir mobil Rp5.000.

Bagaimana cara menuju Balong Waterpark dari pusat kota Jogja?

Dari Titik Nol Yogyakarta, ikuti rute melalui Jl. Panembahan Senopati, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Kolonel Sugiyono, Jl. Ki Ageng Pemanahan, dan Jl. Monumen Perjuangan hingga sampai di Jl. Pleret KM 1,5 di Potorono, Banguntapan, Bantul. Perjalanan sekitar 30 menit.

SUMBER REFERENSI:

  1. Bantulpedia.com ↩︎
  2. https://www.balongpark.com/ ↩︎
5/5 - (4 votes)
Bagikan artikel ini:
Redaksi
Redaksi

Pegiat wisata di Desa Wisata Sidowayah. Aktif sebagai seorang yang penuh semangat dengan informasi wisata di Klaten dan sekitarnya.

Articles: 18

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *